Time Management

Dapat chalange bikin artikel tentang Management Waktu dari mbak Ika Ummu Arrahma dan mak Berlianta Lasibo serasa mak jleb gituh. Secara Time Management eike masih jauh dari sempurna. Membagi waktu antara tugas rumah dan tugas mengajar saja masih rada ngos-ngosan. Tapi oke deh ini ada beberapa hal yang aku lakukan agar hari-hariku bisa running smootly.Siapa tahu ini bisa diaplikasikan para emak keceh dalam aktifitas sehari-harinya. Tentu dengan penyesuaian ya.

 Aku mengawali hari dengan bangun lebih awal. Karena dengan bangun diawal pagi itu membuat kita bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih leluasa..Biasanya aku bangun jam 03.00. Kadang sih suka juga agak siang terutama pada hari-hari tertentu.Pokoknya menyesuaikan dengan jadwal harian di sekolah. Aku kan Guru, jadi punya jadwal mengajar yang sudah fix paling tidak untuk satu semester. Dan jadwal di rumah menyesuaikan dengan jadwal kerja.

 Kegiatan selanjutnya adalah menyiapakan sarapan pagi dan bekal untuk dibawa anak-anak, dan untukku juga tentunya.. Bagiku sarapan pagi itu penting karena kondisi perut yang kosong dipagi hari bisa mengacaukan mood. Jadi kuusahakan kami sarapan, entah itu dengan selembar roti plus telur atau secangkir kopi atau susu dengan banana cake atau kentang goreng dan saus. Bahkan kami bisa juga lo sarapan dengan spiring “lenggang” Dan aku juga membiasakan membawa bekal ke sekolah bagi anak-anak sejak mereka masih PAUD.

 Pukul 06.30 kami berangkat, kadang rumah kami tinggalkan dalam keadan masih berantakan terutama di meja makan.Pada hari tertentu klau aku ada jadwal siang. Aku bereskan dulu, tapi biasanya lebih banyak bude yang mengerjakannya. Biasanya beliau datang selitar pukul 08.00.Nah dari pukul 08-00 sampai kira-kira pukul 13.00 semua urusan kuserahkan bude, mulai dari mencuci baju, bersih-bersih, cuci piring dan menyetrika baju .

Kegiatanku pindah ke sekolah. Jadwalku lumayan padat,Aku mengajar 11 kelas, kelas x sembilan kelas dan 2 kelas di kelas xii, tapi masih bisa sih nyambi belajar bareng TNB 1-6 dan belajar di kelas training Indscript disela waktu mengajar. Walaupun akhirnya aku cuma bisa SR dulu. Dengan bergabung di komunitas Emak Pintar Asia dan IIDN , TNB 1-6 plus Kelas Online dalam naungan Indscript membuat jadwal harianku lebih dinamis. Aku harus menggabungkan antara tugas mengajar dan belajar sekaligus plus tugas harian di rumah. Warbiasah deh. Dan dengan ilmu yang aku dapat dari komunitas ini benar benar sangat membantu .

 Kembali ke rumah di awal petang, aku kembali berkutat dengan tugas rutin, menyiapkan makan malam, menemani tiga anakku.Dua anakku yang sudah beranjak remaja memerlukan teman untuk curhat tentang keseharian mereka. Cerita mereka menjadi inspirasiku dalam menulis. Dan setelah mereka tidur baru aku melanglang ke duniaku, dunia tulis menulis bersama komunitan group TNB 1-6 dan kelas menulis yang aku ikuti. Aku jadi murid. Walau jadwal untuk belajar tidak selalu bisa kulakukan setiap malam paling tidak aku belajar konsisten.

Itu semua aktifitas keseharianku, tentunnya masih banyak aktifitas yang lain seperti merawat bunga, bersosialiasi dengan teman dan berbisnis. Nanti akan aku ceritakan satu persatu.

 Namanya gangguan pastilah ada. Tidak selalu jadwal kegiatan berjalan seperti yang tertera dalam TDL. ( to do list) semuanya kondisional banget. Kalau ada jadwal yang tidak dapat dilakukan karena sesuatu hal maka aku akan cari akternatif lain .Selama semua terkendali dengan baik. It’s oke lah.


Comments

Popular posts from this blog

Cerita Kita

Liburan Sekalian Mudik ke Lampung Barat

Ini Tentang Hujan dan Aku