Ikut Pramuka ya Ikut juga perkemahannya.


Ikut Pramuka gak seru kalau gak ikutan kemah. Masih ingetkan namanya Persami atau Perjusami Sepertinya dulu pas mau kemah ya kemah aja. Gak dilarang larang.  Kalau sekarang beda.  Anak ikut Pramuka emak senang juga, tapi pas anak izin mau kemah emaknya stress.
"Bayangkan anak kelas 5 SD mau kemah. Anak perempuan lagi" jadi inget ungkapan seorang teman yang melarang anaknya ikut Pramuka. Apalagi kalau ada acara kemahnya. "No way" katanya.
Duh, kita berbeda pola pikir Prem.
Karena aku termasuk emak yang mensupport anaknya ikut Pramuka. Apalagi kalau mau kemah. Wah silahkan nak, emak dukung banget.
Karena banyak hal positif dengan kegiatan Perkemahan dan Pramuka.
Apalagi untuk anak SD, pemberian pemahaman akan Tri Satya dan Dasa Darma yang baik tentu akan membentuk kepribadian yang sangat baik. Apalagi di tunjang dengan praktek langsung pada saat perkemahan. Beberapa hal positif yang didapat saat berkemah diantaranya adalah, latihan Disiplin, kerjasama, mandiri, dan bertanggung jawab

Semua kegiatan dalam sebuah perkemahan sudah terjadwal. Tentunya anak akan mengikuti kegiatan sesuai jadwal. Misalkan jadwal mandi, sholat, dan lain lain.Jika dia tidak disiplin tentunya akan tertinggal untuk kegiatan berikutnya. Ketidak disiplinan akan merugikan diri mereka sendiri.

Dalam satu group anak anak dilatih untuk bekerjasama dengan teman satu kelompoknya. Seperti dalam mendirikan tenda, masak atau ketika mengikuti lomba hiking. Dan berbagai kegiatan yang membutuhkan kekompakan kelompok

Berada jauh dari orang tua untuk beberapa hari tentunya akan sangat baik untuk kemandirian anak. Anak yang biasa manja akan belajar untuk melakukan sendiri hal hal yg biasanya di bantu oleh orang tua atau pembantu. Anak yg penakut belajar jadi pemberani. Anak yang malas belajar jadi rajin.
Saat kemah anak juga belajar bertanggung jawab terhadap barang barang mereka sendiri. Entah itu baju, sepatu ataubyabg lainnya. Karena jika mereka lalai bisa saja bajunya tertukar dengan temannya atau hilang dan rusak.
Terlepas dari pendapat orang tua yang berbeda mengenai perlu tidaknya  Pramuka dan Perkemahan marilah kita sebagai orang tua mendukung program Pramuka sekolah . Selain merupakan program wajib bagi sekolah Pramuka adalah kegiatan positif dan bermanfaat.
#odopbatch7
#bayarhutang








Comments

Popular posts from this blog

Cerita Kita

Liburan Sekalian Mudik ke Lampung Barat

Ini Tentang Hujan dan Aku