Asianan Mangga ala ala

Siapa si yang gak kenal dan gak suka dengan Mangga?  Buah yang memiliki rasa manis dan segar ini bisa dimakan sebagai buah atau diolah menjadi manisan, asinan, rujak, juz, puding, bahkan bisa juga di olah jadi keripik atau dodol mangga..
Tapi kalau aku lebih senang dibikin asinan mangga. Apalagi kalau magganya mangga muda. Wah rasa asem berpadu dengan pedas yang segar bikin mata merem melek. Nano nano deh.
Mangga memang buah yang selalu ada setiap saat. Walau bukan musimnya. Kita masih bisa menemukannya di supermarket. Biasanya harganya agak mahal. Dan kalau lagi musim harganya murah sekali.

Dari sekian banyak olahan mangga, Asinan Mangga adalah yang paling mudah bikinnya. Kalau dulu ibu yang bikin sekarang aku mau bikin sendiri. Toh resep asinan sekarang banyak bertebaran di internet. Walaupun resep ala ibu masih jadi yang paling enak. Kata beliau rasa enaknya sebuah tergantung tangan siapa yang membuatnya.
Jadi aku mo bikin asinan ala aku deh. Ready?

Oke kita siapkan bahannya dulu. Kebetulan tadi sore dapet kiriman mangga dari tetangga. Lumayan banyak. Untuk Asian kali ini aku sudah siapkan 500 gram mangga yang sudah aku potong potong dadu. Lalu siapkan 100 ml air dan 150 gr gula pasir. Kemudian siapkan bumbunya yang terdiri dari cabai merah plus bawang putih yang dihaluskan, garam dan cuka.

Setelah siap semua mulai deh aku eksekusi.

Mangga yang sudah dipotong dadu dicampur dengan ½ sdm garam lalu remas-remas selama 5 menit, cuci dan tiriskan. Lalu campurkan dengan rebusan 100 ml air dengan bumbu yang sudah dihaluskan hingga mendidih, dan telah didinginkan.Campurkan air rebusan
bumbu yang sudah dingin, mangga gula pasir, dan cuka. Aduk hingga rata dan simpan di kulkas. Praktis bukan?

Asinan yang segar, asem, pedas plus manis siap di santap
Nih yang lagi ngidam langsung ngences dah.

#odopbatch7

Comments

  1. Ini kesukaanku, kalau pas musim mangga pasti nyetok bikin asinan

    ReplyDelete
  2. Kok jadi ngiler yaa baca dan lihat asinan mangga siang-siang gini

    ReplyDelete
  3. Padahal aku bikinnya malem sambil ngejar setoran hehehe

    ReplyDelete
  4. Wah ngiler bacanya sambil nelen sesekali.. 😄😄

    ReplyDelete
  5. Biasanya aq bikin manisan mangga kopyok bun, mangga+gula masukin wadah tertutup, trus d kopyok..segernya ngalahin AC kamar 😂😂

    ReplyDelete
  6. Wahh bisa dicoba ini, belum pernah bikin asinan 😂😂

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cerita Kita

Liburan Sekalian Mudik ke Lampung Barat

Ini Tentang Hujan dan Aku