REWANG

Rewang itu identik dengan hajatan, masak masak dan kerja bareng. BIasanya pas ada hajatan, baik pernikahan, sunatan, tasyakuran, arisan dan lain lain. Dimana tuan rumah memerlukan tenaga tambahan untuk bantu batu mengerjakan pekerjaan untuk persiapan dan lancarnya acara, Di daerah pedesaan tradisi rewang masih sering dilakukan. sedangkan di perkotaan sudah sangat jarang, karena sudah ada katering atau EO.

Selain identik dengan hajatan, masak masak dan kerja bareng, rewang juga identik dengan ibu ibu. Karena pekerjaan yang paling sering dilakukan saat rewang adalah di bagian dapur, Walaupun ada juga sih pekerjaan yang dikerjakan bapak bapak dan muda mudi.

Bagi ibu ibu yang tidak bekerja rewang mungkin tidak terlalu menggangu aktifitas mereka, Tapi tidak demikian dengan ibu ibu pekerja. Karena rewang terutama di daerah pedesaan bisa menyita banyak waktu. Rewang bisa dimulai beberapa hari sebelum hari H dan minimal 2 hari setelahnya. Bayangkan. Mau tidak rewang, ya tidak mungkinlah.  Lalu bagaimana menyiasatinya?

saya yang tinggal di lingkiungan pedesaan yang budaya rewangnya masih kental, tentunya tidak bisa menghindar dari situasi ini. Disatu sisi saya tidak ingin dibilang kurang perduli dengan lingkungan tapi juga tidak mungkin keseringan izin dari kantor gegara rewang. Jadi saya harus menyiasatinya dengan cara yang baik. Pertama saya akan sowan ke rumah sohibul hajat dan pamit bahwa saya mungkin tidak bisa membantu sebanyak tetangga yang lain.Biasanya saat sowan itu saya membawa gula. telur, minyak dan teh sebagai buah tangan.(ini biasa dilakukaj di lingkungan saya} Esoknya saya akan ikut rewang tapi pada sore hari sepulang kerja, biasanya saya langsung ke rumah tetangga yang hajatan tanpa menggati baju kerja. disana saya akan membantu mengerjakan apa saja yang sedang dikerjakan. menjelang magrib saya pamit pulang. Lalu pada hari H saya baru izin kerja, jika saya jadi panitia atau yang hajatan adalah tetangga dekat.

 Beruntungnya tetangga di lingkungan saya bisa memklumi kondisi saya. Tetapi kalau yang mengundang rewang adalah saudara atau teman ceritanya bisa beda lagi ....

#odopbatch7
#odopday12


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cerita Kita

Liburan Sekalian Mudik ke Lampung Barat

Ini Tentang Hujan dan Aku