Kurma

Suka baper kalau ngomongin kurma. Jadi keinget almarhum Abah. Setiap menjelang Ramadhan aku selalu beli kurma yang mahal dan pastinya enak rasanyaS. Setiapabis bayar di kasir aku selalu bilang gini  

"Abah tadi aku beli kurma di swalayan.  Mahal. Tapi alhamdulillah aku bisa beli. Coba Abah masih ada, kita bisa makan bareng. Beda banget rasanya dengan kurma yang Abah beli dulu."

Kalau udah gini sampe rumah aku nagis. Kadang malah masih dijalan udah nangis.

Biasanya aku suruh anak anakku makan kurma . Sambil aku ceritain sejarah kurma, makanan yang selalu bikin emaknya  baper. Ceritanya ya pake mbrebes mili juga lah
Begini ceritanya.

Dulu setiap bulan puasa Abah suka beli kurma. Katanya orang puasa tuh wajib makan kurma , gak ketang sebutir. Karena kanjeng nabi juga suka makan sahur dan berbuka pake kurma. 

Jujur aja aku gak suka karena rasanya gak enak. Jadi  kalau sudah begini aku terpaksa ambil satu, aku gigit perlahan, tapi cuma ujungnya aja sisanya aku buang. Tapi jangan sampe ketauan sama emak atau Abah. Bisa panjang ceramahnya.

Ini berlangsung cukup lama.
Setidaknya setiap bulan puasa. Tragedi buang kurma selalu terjadi. Duh maafkeun anakmu ya Bah.

Sampailah pada suatu hari, tepatnya aku gak ingat banget. Seorang teman baikku mengundang aku kerumahnya karena ayah dan ibunya baru pulang dari berhaji.  Ada acara tasyakuran kerennya walimatushaj ( duh bener ga nulisnya?)
Karena aku sudah dianggap keluarga jadilah aku duduk  deket dengan Sohibul hajat.

Di depanku terhidang toples cantik berisikan kacang kacangan, kismis dan aneka makanan  dari Mekah. Dan tentunya ada kurma
Kurma yang berwarna kecoklatan, bahkan ada yg hijau plus masih ada tangkainya.

Aku dipersilahkan minum air zamzam. Sambil dibimbing baca doanya. Lalu temanku mengambil toples kurma dan menyuruhku mengambil kurma. Aku menggeleng. Tapi temenku memaksa. 

Makannya kudu ganjil, bigitu katanya. Alhamdulillah bisikku dalam hati . Kan ga enak kalau aku terpaksa harus membuang sisa kurma ini. Karena kulihat orang orang sekitarku mengambil 3 . Loh kok cuma satu , temenku menambahkan kurma dan meletakkannya di piring kecilku yang berisi 1 kurma.

Dengan ragu kugigit, lembut, kukunyah pelan,  manis.Sensasinya bikin aku baper inget Abah. Kenapa kurma ini jadi enek begini Abah?
Habis satu, sambil menyimak ceramah kurma kedua sukses meluncur ke tenggorokan.
Maknyus. Aih masih ada kurma ketiga . Tanpa menunggu lama lenyap kedalam perut.
Ceramah belum usai. Masih ada beberapa piring berisi kurma.
Hmm. Bisa ambil 2 lagi biar ganjil jadi 7. Tidak cukup kentara kalau ambil 2 , 2 dan 2 lagi. Hadweh
Ini kurma kok enak tenan sih?
Upss ...
Dan sejak itu aku suka kurma.

#odopbatch7
#day2

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cerita Kita

Liburan Sekalian Mudik ke Lampung Barat

Ini Tentang Hujan dan Aku