I Love Pisang


I love Pisang
Aku suka pisang. Baik sebagai buah yang dimakan setelah makan atau pisang goreng yang panas dan kriyuk. Kata si Mbah ku. Pisang tuh bahasa jawanya 'gedang' yang artinya "digeged bar madang"
Ada banyak jenis pisang. Pisang Kepok, Pisang Tanduk, Pisang Raja, Pisang Raja Sere, Pisang Ambon, Pisang Janten, dan lain lain. Jenis pisang terbagi dalam dua kategori yaitu pisang buah dan pisang yang bisa di olah seperti digoreng atau dibuat kue.

Bagiku pisang adalah buah favorite yang penuh kenangan akan masa kecil yang menyenangkan. Apalagi kalau itu berhubungan dengan pisang goreng . Kami menyebutnya "tatang iyeng".  Ini gegara adikku yang waktu itu belum bisa bicara jelas.
Buah pisang kepok atau pisang janten adalah pisang yang sering digoreng oleh ibuku. Selain itu ayah juga suka  membawa pisang goreng sebagai oleh oleh sepulang kerja malam. Rasanya nikmat sekali memakan pisang goreng sembari bercengkrama dengan keluarga .

Ayah pernah bilang kalau pisang adalah salah satu buah yang disebut dalam Al-Qur'an. Tepatnya dalam surat Al waqiah yaitu dalam ayat ke 29
قال الله تعالى : وَطَلۡحٖ مَّنضُودٖ
( سورة الواقعة - 29 )
(Al-Wāqi`ah):29 - dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya)
Pisang adalah buah berserat yang mengandung gula alami, sukrosa, glukosa dan fruktosa yang bagus untuk pencernaan.  Selain itu pisang juga  bisa membantu dalam pengobatan berbagai penyakit seperti diabetes, depresi . Pisang juga baik untuk pencernaan.

Aku ingat sering melihat ibu memberi makan adik bayi dengan pisang. Tetapi setelah aku punya bayi , ibu bidan melarang aku memberi pisang pada bayiku.
#odopbatch7

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Kita

Liburan Sekalian Mudik ke Lampung Barat

Ini Tentang Hujan dan Aku