Botok


Kemarin siang  aku mampir ke rumah ibu. Hal yang biasa aku lakukan sih sebenarnya. Tapi kali ini lain karena waktunya bertepatan dengan jam makan siang. Dan karena terburu buru aku belum sempat makan bekal di kantor

Begitu sampai langsung ditawari makan siang pake botok udang sama ibu. Mana berani aku nolak tawaran ibu.
Tau botok kan?

Botok  adalah makanan khas Jawa yang kata ibuku dulunya  terbuat dari ampas/bungkil kelapa yang sudah diambil sarinya (santan). Sebenarnya sih ini semacam re- use gitu kali ya? Soalnya kan sayang tuh ampas kelapa. Sayang kalau dibuang setelah diambil santannya. Tapi sekarang banyak terjadi perubahan dalam hal botok. Seorti misalnya pakai tahu yg dihaluskan

Bumbu bumbu yang dipakai untuk membuat botok adalah bumbu yg sudah pasti ada di dapur seperti bawang merah, bawang putih, kencur, cabe rawit, gula pasir, garam, penyedap, kemiri(jika suka)
Kadang orang suka menambahkan teri, udang, atau petai Cina.
Bahkan kelapa parut bisa diganti tahu sutra. Adapula yang pakai Daun kemangi. Katanya biar ga amis kalau pake udang.

Cara membuat botok cukup simple. Campurkan bumbu halus dengan kelapa parut. Tambahkan udang, teri atau petai cina lalu bungkus dengan daun pisang. Kukus. Simple sekali bukan?

Nah botok buatan ibuku tentulah botok terenak di dunia hehehe.
Karena dibuat dengan cinta.
Siang ini aku makan botok buatan ibuku. Kali ini botoknya botok udang. Pedesnya nampol banget.
Karena saking asyiknya. Aku habis banyak. Alhasil sore tadi aku diare.
Besok mo bikin botok spesial ah. Ga usah pedes pedes. Daripada abis makan botok trus mencret lehih baik bikin yang bersih sehat dan nurce
#odopbatch 7
200 teri



Comments

Popular posts from this blog

Cerita Kita

Liburan Sekalian Mudik ke Lampung Barat

Ini Tentang Hujan dan Aku