Bye Bye Kecoa and Friends


Siapa sih yang nggak kesal jika ada kecoa atau serangga lain dirumah kita? Sebenarnya kecoa dan kawan kawanya itu bisa berada di sekitar kita atau di rumah kita karena kesalahan kita juga lo. Bagaimana tidak? Kalau kita kurang menjaga kebersihan rumah, pastilah akan banyak  membuka peluang bagi kecoa dan serangga yang lain beranak pinak di rumah kita. Tapi jangan khawatir, ada banyak hal bisa kita lakukan untuk mengantisipasi atau mencegah kehadiran serangga di rumah kita.
Serangga tuh seneng bisa masuk dengan bebas ke rumah kita kalau ada ada aksesnya. Bisanya sih beliau eh serangga masuk melalui lubang lubang yang ada di rumah, seperti lubang yang ada di dinding rumah, di langit-langit rumah. Kalau kita temukan baiknya kita tutup dengan semen atau dempul. Lubang yang rawan di masuki serangga yang lain adalah ventilasi. Untuk memblokir masuknya nyamuk, kecoa, laron atau temen-temannya sebaiknya ventilasi dipasangi kelambu.  Ada berbagai jenis kelambu yang bisa dipasang, seperti kelambu besi, atau kelambu yang terbuat dari kasa.
Hal lain yang bisa dilakukan adalah, jangan menyimpan kertas atau koran bekas terlalu banyak dirumah. Serangga biasanya sembunyi di sela sela lipatan koran. Dan tentunya bisa beranak pinak disitu. Karena nanti bisa jadi sarang serangga. Sebaiknya kalau sudah banyak dikiloin atau diberikan pada warung tetangga.
Beberapa serangga senang berada di tempat lembab, jika ada pipa bocor sebaiknya segera perbaiki. Selain terkesan jorok tempat lembab juga bisa menimbulkan bau yang kurang sedap. Dan tentunya ini bisa berpotensi menyebabkan penyakit.
Serangga juga paling senang berada di dapur karena banyak makanan. Dapur yang bersih dan kering tentu akan terbebas dari serangga. Tutup denga rapat wadah bumbu, jangan ada makanan atau sisa makanan yang tercecer. Segera keringkan dan bersihkan setiap selesai memasak.
Kalau dalam rumah sudah bersih dan rapi serangga tentu tidak bisa masuk. Akan tetapi jangan lupa juga untuk memperhatikan bagian luar rumah. Seperti halaman. Sebisa mungkin bersihkan halaman dari sampah sampah atau dedaunan kering. Masukan dalam lubang sampah dan jadikan kompos.
Jika kita punya hewan peliharaan, seperti kucing atau ayam. Bersihkan peliharaan kita dari kotorannya. Karena kotoran yang menumpuk selain bisa mengundang serangga seperti lalat juga berpotensi menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain hewan peliharaan yang kena sakit kitapun bisa terpapar penyakit.
Kita bisa say good bye pada kecoa dan serangga lainya kalau  beberapa langkah di atas sudah kita lakukan dengan maksimal. 

#odopbatch7

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Kita

Liburan Sekalian Mudik ke Lampung Barat

Ini Tentang Hujan dan Aku